Apresiasi Seni Topeng Menor, Disdikbud Gelar Acara

Budaya Indonesia
Penari topeng menor (foto: mellagustina)

clickmeidn – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang menyelenggarakan Apresiasi Seni Topeng Menor (Jati) sebagai program Pengembangan Kebudayaan (25/092021).

Dalam acara ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang juga berkolaborasi dengan beberapa elemen kelompok masyarakat seperti; Grup Kesenian Tari Topeng Menor, PEPADI dan sebagaian masyarakat Desa Jati Cipunagara. Acara ini terselenggara di Kampung Babakan Bandung Desa Kalijati Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang.

Bacaan Lainnya

Topeng Menor adalah aset kebudayaan kabupaten subang. Menurut Bapak M.Khadar (Kabid Kebudayaan) sebagai tindak lanjutnya akan melakukan pengajuan atas Topeng Menor sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB). Tujuan Apresiasi Seni Topeng Menor, yaitu sebagai pelestarian kesenian agar tidak punah.

Pertunjukan Topeng Menor mendapat sambutan antusias oleh warga setempat. Itu terlihat dari ramainya pengunjung program Apresiasi Seni Topeng Menor. Sebagai penampilan awal, Sunarto sebagai ahli waris dari Mamah Menor (Ibu Carini) membawakan Tari Topeng Tumenggung. Selanjutnya, Tari Topeng Klana dibawakan oleh gadis cantik bernama Karina Agustin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

3 Komentar

  1. New Multifunction Waterproof Backpack

    The best ever SUPER Backpack: Drop-proof/Scratch-resistant/USB Charging/Large capacity storage

    50% OFF for the next 24 Hours ONLY + FREE Worldwide Shipping for a LIMITED time

    Buy now: https://thebackpack.sale

    Thanks and Best Regards,

    Chasity